Berita

Timah Diksi Nasional 2020, Persembahan Terbaik dari FORMASI IAIN SAS Babel

Diposting oleh Humas | Senin, 30 November 2020

Bangka (IAINSAS)-Forum Mahasiswa Bidikmisi (FORMASI) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung gelar kegiatan Nasional yaitu Temu Ilmiah Mahasiswa Bidikmisi (Timah Diksi) Nasional dengan mengusung tema "Optimisme Pemuda Dalam Berkarya Menghadapi Peluang dan Tantangan Menuju Generasi Emas 45" di Aula Gedung terpadu IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangak Belitung mulai hari Kamis hingga Sabtu, tanggal 26-28 November 2020.

Turut hadir pada Pembukaan kegiatan ini, Wakil Rektor I Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag., Kadipora Provinsi Babel, Ketua Umum BPP Permadani Diksi Nasional Rizal Maula S.H., Kabag AKK Drs. H. Ika Robiantari M.Pd.I, Kasubbag Kerjasama dan Humas Komarul Hadi, S.Kom., Staf Kasubbag AAK Prayudi Nugraha, S.E., Seluruh pimpinan ormawa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Seluruh delegasi Forum Mahasiswa Bidikmisi SeIndonesi dan peserta finalis TIMAH DISKSI NASIONAL 2020.

Wakil Rektor I dalam sambutannya menyampaikan, “mahasiswa bidikmisi/KIP kuliah terus memberikan kontribusi besar untuk kampus IAIN SAS Babel, karena pandemi dan ekonomi bukan lagi kendala untuk terus mengukir prestasi di masa sekarang ini, karena semuanya sudah difasilitasi”.

"Sebuah apresiasi yang besar untuk Forum Mahasiswa Bidikmisi IAIN SAS Babel yang telah melaksanakan ajang yang sangat bergengsi dengan mempertemukan seluruh anak bidikmisi seIndonesia di IAIN SAS Babel, ya walaupun dilaksanakan secara virtual, namun kedepan harapannya bisa dilaksanakan secara luring dan mereka hadir di kampus kita", tutur beliau.

Bintari selaku ketua pelaksana dalam wawancaranya menyampaikan, “Dengan diadakan acara ini panitia berharap untuk mahasiswa pemerima bidikmisi dan KIP Kuliah di IAIN SAS Babel lebih kritis dalam berpikir, pandai dalam berliterasi dan dapat bersaing dikancah nasional maupun internasional”.

"Ahamdulilah kegiatan terselengara dengan baik dan kondusif meskipun masih ada kekurangan-kekurangan yang terjadi dan tidak menyurutkan semangat kami untuk berkontribusi dalam kegiatan Nasional ini” tambahnya.

Sibawaihi selaku ketua umum FORMASI IAIN SAS Babel dalam wawancaranya mengatakan, Timah Diksi Nasional 2020 menyelenggarakan tiga cabang perlombaan, yaitu Business Plan, National Essay Competition dan Film pendek.

Gelaran hari pertama yaitu Pembukaan yang di isi dengan webinar Nasional dilanjutkan dengan technical meeting via Zoom dengan seluruh peserta finalis yang masuk finalis 10 besar. Pada pelaksanaan hari kedua, diadakan penilaian pada masing-masing perlombaan, serta di hari ketiga penentuan pemenang sekaligus acara penutupan dan pembagian hadiah. Tak lupa pula penganugerahan serta pemberian ucapan terima kasih kepada para Pimpinan yang terlibat dan berpengaruh kepada Bidikmisi IAIN SAS Babel.

"Jadi, Timah Diksi Nasional 2020 yang dilaksanakan perdana oleh Forum Mahasiswa Bidikmisi IAIN SAS Babel. Kegiatan ini digagas atas inisiatif dari kita selaku pengurus atau fasilitator untuk mahasiswa Bidikmisi di seluruh angkatan mulai angkatan 2016 sampai 2020. Atas dasar itulah kita laksanakan acara ini sebagai bentuk kontribusi besar kita kepada kampus IAIN SAS Babel, sebagai rasa tanggung jawab atas hak yang diberikan dan bentuk penjaringan prestasi-prestasi mahasiswa Bidikmisi di masa pandemi," tutur Sibawaihi.

Dalam malam penutupan, turut hadir, Wakil Rektor III Dr. H. Janawi, M.Ag., Kasubbag Administrasi Umum dan Kepegawaian Inggi Irandi, M.M, Kasubbag Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Kusnadi, S.Kom, M.M., para dewan juri dari luar maupun internal kampus, Oktarizal Drianus, M.Psi (selaku Juri National Essay Competition), Dr. Muslim El Hakim Kurniawan, ST., M.M (selaku juri Business Plan) dan beliau juga selaku kepala UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Dinas Perindag Provinsi Bangka Belitung.
Hadir pula seluruh pimpinan ormawa IAIN SAS Babel, FORMADIKSI Universitas Bangka Belitung, Alumni Bidikmisi dan mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah yang diundang ke acara tersebut.

Adi Sugani yang ditemui pada malam puncak menceritakan ide terbentuknya FORMASI IAIN SAS Babel yang sebenarnya atas instruksi dari Ketua Permadani Diksi Nasional Wilayah 2 Sumatera Bagian Selatan. Pada masa itu, Abdul Rahman, S.E selaku ketua Ketua Permadani Diksi Nasional Wilayah 2 Sumatera Bagian Selatan yang juga mahasiswa Bidikmisi Universitas Bangka Belitung hadir ke beberapa kampus untuk membentuk forum mahasiswa Bidikmisi, termasuk IAIN SAS Babel. "Tujuan utama dari pembentukan FORMASI IAIN SAS Babel ada sebagai badan tertinggi pengurus mahasiswa bidikmisi diseluruh angkatan, sebagai fasilitator, sebagai wadah pejaringan minat bakat mahasiswa bidikmisi yang mulanya di SMA mereka aktif dalam kejuaraan yang dibuktikan dengan sertifikatnya dan sebagai tempat silaturrahmi seluruh mahasiswa bidikmisi IAIN SAS Babel”.
"Terbentuknya FORMASI IAIN SAS Babel tepatnya 14 April 2017 dimana pendiri pertamanya adalah Muhammad Adi Sugani, S.Sos. dari bidikmisi IAIN SAS Babel angkatan 2015," tutupnya.

Penulis : Mega Paraiyannie