Berita

Raker Evaluasi Pelaksanaan Proker Tahun 2020

Diposting oleh Humas | Selasa, 08 Desember 2020

Bangka (IAINSAS)- IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung adakan Rapat Kerja Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Tahun 2020 dipenghujung tahun 2020. Kegiatan yang mengangkat tema Evaluasi Program Terukur Menuju Capaian Program Berkualitas” ini dilaksanakan selama empat hari, mulai Hari Senin hingga Kamis, tanggal 7-10 Desember 2020 di Hotel Tanjung Pesona, Sungailiat.

Evaluasi pelaksanaan program kerja merupakan salah satu bentuk untuk menilai program kerja pada salah satu organisasi. Tidak terkecuali pada lembaga Perguruan Tinggi, tentunya sudah memiliki program-program kerja yang dibuat dalam kurun waktu tertentu. Evaluasi pelaksanaan program kerja sebagai bentuk tindak lanjut dari Audit Kinerja oleh Tim Inspektor Jenderal (Irjen) Kementerian Agama Republik Indonesia beberapa waktu lalu.

Evaluasi pelaksanaan program kerja pada IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung dilaksanakan dengan mempertimbangkan sejauh mana capaian pelaksanaan anggaran dari masing-masing unit kerja yang ada di lingkungan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, diantaranya pelaksanaan anggaran dari tiga Fakultas, dua lembaga, empat unit pelaksana teknis, satu organisasi pengawasan, bidang kemahasiswaan, pascasarjana dan rektorat. Selain itu tentunya dilaksanakan dengan mempertimbangkan rekomendasi audit kinerja dari Inspektorat Jenderal Kementerian Agama.

Rektor IAIN SAS Babel, Dr. Zayadi, M.Ag. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa “dalam kelembagaan/institusi itu memang harus ada proses evaluasi untuk mengetahui sejauh mana program yang telah kita buat, telah kita susun sedemikian rupa, dan target yang ingin kita capai. Sehingga dengan evaluasi inilah kita dapat mengukur capaian kinerja yang kita lakukan selama satu tahun kemarin”.

“seluruh program kerja yang kita susun dari berbagai unit kegiatan semuanya harus mengacu pada persoalan yang kita inginkan dari visi misi IAIN SAS Babel. Disitulah kita membutuhkan persepsi visi yang sama dalam rangka kita membangun institusi ini dengan sama-sama memiliki visi dan misi yang sama dan kebersamaan dalam melaksanakan tugas kita semua”, lanjut Zayadi.

Tujuan dari diselenggarakannya Kegiatan Rapat Kerja Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Tahun 2020 adalah terevaluasinya program kerja secara terukur di Lingkungan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung tahun anggaran 2020, tercapainya penilaian target kinerja pada masing-masing unit kerja di Lingkungan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung tahun anggaran 2020, dan sebagai bahan atau rambu untuk pelaksanaan anggaran tahun 2021 di Lingkungan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.

Peserta Kegiatan Rapat Kerja Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Tahun 2020 berjumlah 60 orang peserta yang terdiri dari unsur Pimpinan dan pelaksana pada unit kerja di Lingkungan IAIN SAS Babel, dengan mendatangkan Pejabat pada Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Pendis, Kasi Sarpras pada Kasubdit Sarpras dan Kemehasiswaan sebagai Narasumber. Sedangkan narasumber dari Lingkungan IAIN SAS Babel adalah Rektor IAIN, Kepala Biro AUAK dan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan.

Dalam pembukaan Kegiatan Rapat Kerja Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Tahun 2020 juga sekaligus penandatanganan Piagam Satuan Pengawasan Internal (SPI Charter) oleh Rektor IAIN SAS Babel dan disaksikan oleh Kepala Biro AUAK, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III dan Ketua SPI.


Penulis : Mega Paraiyannie
Editor   : Amir Hamzah