Berita

283 Lulusan IAIN SAS Bangka Belitung Diwisuda di Tengah Pandemi Corona

Diposting oleh Administrator | Senin, 14 Desember 2020

Bangka.12/12/2020. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menggelar wisuda ke-III program sarjana dan magister, Sabtu (12/12/2020) yang berlansung di Aula Gedung Terpadu IAIN SAS Babel.
Pelaksanaan kegiatan wisuda ini menyusung tema "Meneguhkan Lulusan Berperadapan," yang dilakukan sesuai protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Sebelum memasuki aula gedung dan melaksanakan prosesi wisuda para wisudawan/ti diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan, melakukan cek suhu terlebih dahulu, dan tetap menjaga jarak.

Ketua Panitia Pelaksana Wisuda IAIN SAS Babel, Wulfiah mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan wisuda yang dilakukan sudah mendaptkan izin dari satgas Covid-19 Kabupaten Bangka."Kita sudah mendapat izin langsung dari Satgas Covid-19 untuk melaksanakan wisudah secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol ketat, seperti 3 M dan jika mahasiswa/i suhunya diatas 37 derajat, maka kita tidak memberikan untuk mengikuti kegiatan wisuda," kata Wulfiah kepada Bangkapos.com, Sabtu (12/12/202).

Rangkaian wisuda yang dimulai dari prosesi sidang senat terbuka, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan wisudawan/i, dan pemindahan kuncir serta penyerahan ijazah yang terbagi menjadi dua sesi ini berjalan dengan baik dan lancar.
Total sebanyak 283 mahasiwa/mahasiswi lulusan pascasarjana dan sarjana diwisudakan, dimana 20 wisudawan/wisudawati berasal dari program pasca sarjana Pendidikan Agama Islam, 87 wisudawan/i dari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, 141 wisudawan/i dari fakultas tarbiyah, dan 35 wisudawan/i dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Adapun Indek Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi pada wisuda ke-III ini, yakni dengan nilai IPK 3,92 dari program sarjana pendidikan islam anak usia dini dan 3,95 untuk nilai IPK tertinggi program magister.Dengan tema yang digusung, Rektor IAIN SAS Babel Dr Zayadi berharap alumni IAIN bisa membangun peradaban yang dimulai dari diri sendiri dengan mengutamakan akhlak yang baik, serta menjadi generasi penerus yang profesional.

"Kita berpesan kepada wisudawan/wisudawati ini agar tetap berbuat baik kepada orang tua dan mampu membawa nama baik IAIN dengan berakhlak baik. Tentunya ciri khas dari lulusan IAIN ini nanti berakhlak, dan generasi penerus yang profesional dibidangnya masing-masing," pesan Zayadi.

Selain itu, ditambahkan Wulfiah, guna mensiasati five poin zero, lulusan IAIN SAS Babel diharapkan mampu memiliki karakter pemimpin yang kuat, memiliki kemampuan bahasa asing, memiliki kemampuan untuk menulis, serta memiliki kemampuam literasi dalam menguasai informasi teknologi."Minamal empat kompetensi ini harus dimiliki oleh lulusa IAIN guna mensiati kehadiran five poin zero,"ujarnya.Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Dr Zayadi
Luluskan Kurang lebih 3000 Alumni

Dikatakan Zayadi, sejauh ini IAIN SAS Babel telah meluluskan kurang lebih 3000 alumni yang sudah tersebar di berbagai dunia pekerjaan, baik dalam ataupun luar daerah."Kurang lebih hampir 60 persen dari lulusan ini sudah terserap lapangan pekerjaan, baik itu di perusahan-perusahan daerah atau luar daerah dan bahkan ada juga yang menjadi dosen disini," kata Zayadi.

Sesuai dengan visi IAIN SAS Babel, unggul, religius, dan profesional, dia juga berharap almuni IAIN SAS Babel unggul dalam segala hal, serta membawa nama baik IAIN SAS Babel sesuai identitas Agama.
Diakuinya dari segi prestasi, mahasiswa/mahasiwi dan dosen IAIN SAS Babel telah menorehkan berbagai prestasi yang baik di bidang masing-masing, baik pada tingkat nasional ataupun internasional. (Sumber Bangka Pos Tgl 12/12/2020 )