Berita

Prodi BKI IAIN SAS Babel Berbenah Lakukan Transformasi Digital

Diposting oleh Administrator | Rabu, 30 Desember 2020

Bangka (IAINSAS) - Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung gelar webinar nasional seri ke-1 di penghujung tahun 2020. Melalui tema “Career Growth With Digital Transformation” yang merupakan tindak lanjut proses kegiatan pembelajaran dari mata kuliah Digital Entrepreneur diharapkan mampu menyiapkan calon lulusan yang memiliki skill digital. Prodi BKI akan melakukan transformasi digital baik dari tata kelola kelembagaan maupun proses akademik. “Melalui pemateri nasional yaitu Glen Chandra founder IXI Indonesia dari Yogyakarta yang merupakan ekspert di bidang digital, mahasiswa Prodi BKI dirancang agar mempunyai skill dan wawasan menuju era digital 5.0” ungkap Eva Harista, M.Pd (Ketua Prodi BKI IAIN SAS Bangka Belitung).

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN SAS Bangka Belitung, Dr. Zaprulkhan, M.S.I juga menyampaikan harapan serupa pada sambutannya agar mahasiswa prodi BKI mampu mengikuti perkembangan digital yang hampir setiap profesi atau pekerjaan sekarang ini terdisrupsi. “Solusi menghadapi tantangan zaman ialah melalui transformasi digital yang menjadi skill paling dibutuhkan di era digital”, tegas Zaprulkhan. Kegiatan webinar ini juga akan berlanjut di tahun 2021 dengan tema-tema terbaru dan yang sesuai bidang keahlian setiap program studi, yaitu prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Jurnalistik Islam (JI), dan Psikologi Islam (PI) di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN SAS Bangka Belitung.

Webinar Nasional Seri ke-1 prodi BKI, di pandu oleh Nurvianti Cholid, M.Pd.I (sekretaris prodi BKI), dan oleh Moderator yaitu Bohhori, M.Pd.I (Dosen prodi BKI) serta menghadirkan tiga pemateri yaitu : Rafles Abdi Kusuma, M.A yang menyampaikan materi tentang Manfaat TIK bagi Kehidupan Sosial ; Glen H. Chandra yang menyampaikan meteri tentang mempersiapkan Transformasi Digital sebuat tantangan di Karir dan Pekerjaan ; Sekar Putri, S.I.Kom, M.A yang menyampaikan materi tentang Komunikasi Pemasaran di Era Digital. Ketiga pemateri ini merupakan pakar dibidangnya masing-masing khususnya pada kemampuannya di digital. Peserta Webinar Nasional Prodi BKI IAIN SAS Bangka Belitung yang berjumlah 200-an partisipan tampak serius dan antusias saat mengikuti paparan materi. “Melalui webinar ini prodi BKI akan berbenah mempersiapkan produk berbasis digital khususnya dibidang konseling, sebagai laboratorium atau wadah mahasiswa dan dosen mengembangkan keilmuan prodi BKI” tambah Eva Harista.

Diskusi selama webinar berjalan lancar dan seru dengan isu-isu terbaru di masyarakat khususnya dimana teknologi sangat berperan salam pandemi covid-19 yang telah membuka wawasan setiap profesi untuk berkolaborasi menggunakan teknologi sebagai alat penunjang aktivitas. Reski Anwar, partisipan webinar yang merupakan penggiat pariwisata di Bangka turut bertanya tentang bagaimana mempersiapkan teknologi yang tepat guna dimasa pandemi bagi sektor pariwisata. “Solusinya pariwisata dalam menghadapi masa-masa pandemi dan ekonomi terpuruk adalah melalui kolaborasi dengan berbagai pakar dibidang digital, pemasaran dan akademisi” ungkap Glen Chandra.

Penulis : Rafles Abdi Kusuma
Editor : Turmuzi