Berita

Antisipasi Wabah Covid-19, Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Terapkan Sistem Belajar Online

Diposting oleh Administrator | Selasa, 17 Maret 2020

Bangka.17/3/2020. Guna mengantisipasi mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Rektor IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Dr.Zayadi,M.Ag mulai hari ini mengeluarkan surat edaran resmi. Salah satunya terapkan belajar online kegiatan belajar mengajar bagi mahasiswa dan dosen secara tatap muka di kelas dan menggantinya dengan belajar di rumah melalui sistem daring/Elearning/WA Grup/Mailing-Listatau Penugasan lainya di luar tatap muka.

Surat Edaran Rektor bernomor B.-340/In.40/HM.01.03/2020 itu ditujukan kepada pimpinan dan seluruh sivitas akademikaIAIN SAS Bangka Belitung. Surat edaran berlaku sejak dikeluarkan pada 17 Maret hingga 31 Maret 2020. Namun, kebijakan tersebut akan dievaluasi secara periodik dengan memperhatikan imbauan dan informasi resmi dari pemerintah.

Meski mahasiswa diliburkan atau belajar di rumah, pelayanan administrasi dan akademik tetap diminta untuk berjalan seperti biasa. Sedangkan presensi bagi dosen dan tenaga kependidikan yang masuk kerja, Rektor meminta agar tetap menggunakan absen elektronik secara faceprint.

Selain kegiatan belajar mengajar secara daring, Rektor juga meminta seluruh sivitas akademika untuk menunda kegiatan akdemik dan non akademik yang melibatkan banyak peserta dan pihak luar.Bagi para mahasiswa yang tinggal di asrama (ma’had) atau di kos-kosan di sekitar kampus juga diminta untukpulang ke rumah masing-masing. Mahasiswa juga diimbau untuk tidak mengunjungi pusat-pusat keramaian.

Imbauan lainnya, seluruh sivitas akademika agar menghindari kontak fisik langsung, semisal berjabat tangan, dan mengingatkan rekan kerja di sekitar untuk menggunakan masker apabila sedang dalam kondisi tidak sehat, seperti batuk, bersin-bersin, filek, dan demam. Sementara bagi yang merasakan gejala mirip Covid-19 diharap segera melakukan pemeriksaan secara personal ke dokter atau fasilitas layanan kesehatan untuk meminimalkan potensi penyebaran virus Covid-19.

Pada kesempatan lain, Rektor juga meminta agar pimpinan,fakultas/pascasarjana, lembaga, dan unit-unit di IAIN SAS Bangka Belitungbeserta seluruh keluarga besar untuk tetap tenang,menjaga pola hidup bersih,sehat,disiplin dan bertawakal kepada Allah swt dalam menghadapi situasi ini.

Penulis : Ayaknan / Mega Parayannie
Editor : Turmuzi